Social Icons

Minggu, 05 Mei 2013

modif k750i

Modding & Flashing SE K750i *


Ponsel Sony Ericsson dibagi dalam beberapa kategori. Ada yang dirancang untuk lifestyle, bisnis, kamera dan musik. Dari keempat kategori itu yang paling menarik ialah dari kelas kamera dan musik. Ponsel kamera dan musik menggabungkan kecanggihan teknologi ponsel dari Ericsson dengan teknologi Walkman dan Cyber-shot dari Sony. Ponsel dengan kelebihan dari sisi suara atau biasa disebut Walkman phone diberi lebel W dalam seri ponselnya, sementara ponsel dengan kamera canggih atau Cyber-shot phone diberi label K.
Mayoritas ponsel dari kedua seri tersebut tidak memiliki sistem operasi terpisah alias embedded OS. Meski begitu, bukan berarti ponsel Sony Ericsson tidak bisa dioprek. Meskipun cara mengopreknya tidak semudah ponsel dengan sistem operasi Windows, Linux atau Symbian, ponsel Sony Ericsson jenis ini juga bisa dimodifikasi.
Ada beberapa modifikasi yang dapat dilakukan. Misalkan Anda ingin mengupgrade kemampuan suatu ponsel. Sebagai contoh K800i memiliki kelebihan dari sisi kamera, namun kualitas suaranya rendah. Dengan melakukan patching, bukan tidak mungkin kualitas suara ponsel diupgrade hingga mendekati kualitas suara ponsel Walkman. Bukan hanya itu, Anda juga masih bisa meningkatkan kualitas kamera yang sudah bagus itu menjadi lebih baik lagi dengan melakukan patching driver kamera.
Jika modding dengan sistem patch belum cukup bagi Anda, Anda dapat mengupgrade firmware ponsel. Sebagai contoh kita membandingkan ponsel K800i dengan K810i. Kedua ponsel Cyber-shot ini memiliki spesifikasi yang persis sama. Baik dari sisi kamera, band, radio, dan lainnya sama. Yang membedakan kedua ponsel ini selain dari sisi desain ialah fitur Photo-fix (fitur untuk memperbaiki foto langsung dari modus kamera) dan Track ID (fitur untuk mengetahui judul lagu, artis dan album melalui GPRS/3G). Namun, hanya karena fitur ini, harga ponsel K800i dan K810i terpaut hingga 300 ribu. Harga yang terlalu mahal untuk dua fitur “sederhana”. Nah, dengan melakukan cross flash dari K800i menjadi K810i, Anda dapat menikmati fitur K810i dengan ponsel K800i.
Contoh lainnya ialah ponsel K750i dan W800i. Kedua ponsel ini berada dalam kelas yang berbeda. Ponsel K750i dari kelas ponsel kamera dan W800i dari kelas walkman. Jika diperhatikan dengan seksama hardware dari kedua seri ini sama. Maka dari itu, apabila Anda melakukan cross flash, Anda dapat mengubah ponsel K750i Anda menjadi W800i.
Untuk melakukan modifikasi ponsel –apapun modifikasi yang akan Anda lakukan– Anda membutuhkan tiga perangkat berikut:
  1. USB Flash Driver;
  2. Kabel USB; dan
  3. Ponsel Sony Ericsson tentunya.
* USB Flash Driver
 
USB Flash driver merupakan driver yang dirancang untuk membuka akses ke firmware ponsel melalui kabel USB agar software tools modding dapat mengenali ponsel Anda. Driver ini bisa didapatkan dengan menginstal Sony Ericsson Update Service (SEUS) yang disediakan di situs resmi Sony Ericsson.
Apabila ukuran SEUS yang mencapai 36 MB ini terlalu besar bagi Anda, Anda dapat mengunduh driver “inti” dari sini.
Setelah driver diunduh, kini tiba saatnya Anda menginstal driver tersebut. Jika Anda menginstal SEUS di Windows Vista, proses instalasi driver akan berlangsung otomatis begitu ponsel dicolokkan ke komputer. Namun jika Anda ingin menginstal secara manual dengan link di atas, inilah caranya:
1. Jalankan file yang telah Anda unduh, kemudian ekstrak USB FLASH Driver ke sebuah folder yang mudah diingat (misalnya C:\).
2. Matikan ponsel.
3. Colokkan kabel USB ke slot USB komputer.
4. Tekan dan tahan tombol C pada ponsel.
5. Colokkan ponsel ke kabel USB tanpa melepaskan tombol C.
6. Tunggu sejenak sampai Windows mendeteksi adanya Hardware baru dan menampilkan wisaya.
7. Ponsel Anda secara otomatis akan menyala.
8. Klik Browse My Computer for Driver Software untuk menunjukkan lokasi driver Anda. Pilihan pertama adalah untuk melihat driver berada pada lokasi khusus dalam system Anda. Anda dapat memasukkan floopy atau CD drive yang sudah berisi driver dari vendor jika Anda memilikinya. Setelah Anda mengetikan lokasi yang tepat, klik Next.
9. Klik Let Me Pick from a list of Device Drivers on My Computer.
10. Hilangkan tanda cek di depan opsi Show Compatible Hardware. Anda akan melihat daftar banyak driver.
11. Kliklah tombol Have Disk. Anda akan melihat kotak dialog Install from Disk. Arahkan ke lokasi file driver yang tadi telah Anda ekstrak.
12. Berikutnya, lanjutkan wisaya untuk menyelesaikan proses instalasi. Jika proses installasi telah selesai, Anda tinggal mengklik Finish untuk mengakhiri wisaya.
13. Kini USB Flash Driver Anda telah terinstal. Anda sudah bisa mulai melakukan modding ponsel.

* Tingkatkan Kemampuan Ponsel
 
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kita dapat meningkatkan kemampuan ponsel dengan melakukan patching pada ponsel. Dalam contoh ini, kita akan melakukan modding pada kualitas kamera ponsel K800i. Untuk memodifikasi komponen lainnya, seperti suara, radio, video, ikon, dan sebagainya caranya sama saja, hanya driver dan lokasi peletakannya saja yang berbeda.
Untuk melakukan modding ini Anda membutuhkan aplikasi tambahan bernama XS++ v. 3.1. Aplikasi ini dapat diunduh di http://boxstr.com/files/106307_y76i8/XS__v3.1.zip. Selain aplikasi ini, Anda juga membutuhkan driver. Dalam contoh ini kita menggunakan driver kamera (camdriver) Kopritis v.3 yang bisa diunduh di http://www.mediafire.com/?deujeghsnhd.
Driver ini bersifat relatif. Artinya, Anda dapat menggunakan driver lain yang tersebar di berbagai forum seperti esato.com atau se-nse.net. Biasanya masing-masing driver memiliki fungsi dan kelebihannya sendiri-sendiri. Ada driver yang bisa mengangkat kemampuan rekam video hingga 30 fps, ada driver yang mampu mengupgrade kualitas suara (akustik) seperti Peter v.2 HIFI, dan sebagainya. Unduh yang Anda perlukan dari forum-forum tersebut.
Setelah semuanya lengkap, lakukan langkah-langkah berikut untuk memasang patch ke ponsel.
  1. Matikan ponsel, lepas battery sesaat lalu pasang lagi. Jangan nyalakan ponsel.
  2. Ekstrak XS++ v3.1 ke komputer Anda.
  3. Jika Anda menggunakan XS++ versi lawasn buat folder files_to_upload di folder tempat Anda mengekstrak XS++, kemudian, letakkan hasil ekstrak driver ke folder ifs/SETTINGS/CAMERA. Untuk XS++ versi 3, Anda boleh meletakkan hasil ekstrak di manapun.
  4. Colok kabel USB ke port USB di komputer Anda.
  5. Jalankan XS++ kemudian klik Connect.
  6. Tekan tombol C di ponsel Anda, tahan, kemudian colok kabel USB ke ponsel Anda. Setelah ponsel terkoneksi, Anda boleh melepas tombol C.
  7. Klik radio Button FSX.
  8. Klik tombol Start FSX.
  9. Untuk pengguna XS++ lawas, proses upload akan dilakukan sesuai dengan struktur yang telah Anda buat. Sementara bagi pengguna XS++ 3.1, Anda harus masuk ke struktur direktori ifs/settings/camera, klik tombol Upload, kemudian pilih file driver dan klik Open. Lokasi ifs/settings/camera ini sifatnya relatif. Maksudnya Anda harus mengupload file sesuai dengan fungsinya. Misalkan Anda ingin memodifikasi suara dengan driver Peter’s v.2 HIFI, maka harus meletakkan driver tersebut di ifs/settings/acoustic. Berhubung driver yang akan Anda upload ini merupakan driver untuk kamera, maka Anda harus meletakkannya di ifs/settings/camera.
  10. Proses upload akan berlangsung sesaat.
  11. Setelah upload selesai, klik tombol Shut down dan tunggu hingga ada informasi di status bar untuk mencabut kabel USB.
  12. Cabut ponsel, tutup XS++, kemudian nyalakan ponsel seperti biasa.
Kini Anda sudah dapat menikmati driver baru di ponsel Anda.

* Ubah Ponsel Sony Ericsson K750i Jadi W800i
 
Ponsel K750i unggul dari fitur kameranya, namun ia hanya memiliki media player dengan fitur terbatas. Sementara W800i memiliki fitur Walkman player yang keren. Bagaimana jika Anda ingin memiliki dua fasilitas tersebut? Mungkin sebagian dari Anda akan memilih untuk membeli dua ponsel sekaligus. Satu dari seri K dan satu dari seri W.
Sebetulnya Anda tidak perlu sampai mengeluarkan dana banyak demi mendapatkan seri “K” dan “W”. Kawinkan saja keduanya dengan cara melakukan cross flash.
Di sini saya akan memberikan contoh cara untuk meng-cross flash ponsel K750i agar berubah menjadi W800i. Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan software GFlash 2.06, file MAIN W800i R1BC002 (APAC atau EMEA), dan file FS W800i R1BC002 (APAC atau EMEA) yang bisa diunduh dari situs topsony.com atau Anda dapat mencarinya dengan googling. Setelah semuanya siap, ikuti langkah berikut:
1. Charge ponsel hingga penuh.
2. Periksa CID HP untuk memastikan HP berjenis CID36 RED. Caranya:
· Matikan HP
· Jalankan program GFlash
· Klik pada tombol yang bertuliskan Read CID/Cable.
· Colokkan kabel USB ke port USB PC.
· Tekan dan tahan tombol C pada ponsel, dan colokkan ponsel ke kabel USB.
· Jangan melepas tombol C sampai di bagian kiri layer GFlash terbaca CID HP beserta Phone Color nya.
· Jika ponsel Anda bukan CID36 RED, maka jangan melanjutkan ke langkah berikutnya, karena cross flash tidak akan sukses.
  1. Lepaskan HP dari kabel USB, keluarkan baterai, kemudian pasang kembali (jangan dihidupkan) .
  2. Klik tab yang bertuliskan Flashing pada bagian atas layar GFlash.
  3. Perhatikan kotak yang bertuliskan Firmware Files. Browse file MAIN W800i R1BC002 yang sudah diunduh dengan tombol … yang pertama.
  4. Setelah itu browse ke file FS W800i R1BC002 yang sudah diunduh dengan tombol … yang ke dua.
  5. Perhatikan kotak yang bertuliskan Job description. Pastikan ke tiga pilihan diberi tanda centang.
  6. Sekarang perhatikan kotak bertuliskan Customization. Pada pilihan Model, klik dan pilih W800i.
  7. Kemudian untuk CDA, tergantung dari versi firmware yang Anda gunakan. Jika EMEA, pilih yang EMEA1. Jika menggunakan versi APAC, pilih yang Chinese.
  8. Klik tombol Flash.
  9. Tekan dan tahan tombol C, kemudian colokkan HP ke kabel USB.
  10. Proses Flashing akan segera dimulai. Proses flashing akan berlangsung beberapa menit. Selama proses flashing berlangsung, disarankan untuk tidak menjalankan aplikasi apapun di komputer, tidak mengutak atik ponsel, tidak menekan tombol apapun di Gflash, serta pastikan listrik tidak padam secara tiba-tiba
  11. Tunggu sampai GFlash menampilkan pesan Mainflashing, Filesystem flashing, dan Finalization completed successfully beserta Execution time-nya.
  12. Lepaskan ponsel dari kabel USB, keluarkan baterai, dan pasang kembali.
  13. Tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik hingga layar menyala dan menampilkan logo Sony Ericsson.
  14. Kini Anda sudah bisa menikmati ponsel K750i ala W800i
* Catatan: Mengoprek jeroan ponsel berisiko terhadap kegagalan proses flashing yang dapat menyebabkan ponsel mogok bekerja. Garansi ponsel Anda otomatis akan gugur jika ini terjadi. Saya tidak bertanggung jawab atas kegagalan flash yang disebabkan oleh kesalahan pengguna. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Ireland